#MerajutPersatuan Mencermati Gaya Silahturahmi “LEBARAN” Flamboyan ala AHY

JAKARTA, LELEMUKU.COM - Selamat datang di website Pemilihan Lelemuku, saat ini anda sedang membaca berita dan informasi terbaru terkait pemilihan di Indonesia dengan judul #MerajutPersatuan Mencermati Gaya Silahturahmi “LEBARAN” Flamboyan ala AHY. Silahkan melanjutkan untuk membaca informasi selengkapnya.

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi bintang saat silahturahmi dalam dua hari lebaran. Di saat banyak elit politik yang masih berpikir dua kali untuk bersilaturahim ke tokoh politik lainnya dengan berbagai alasan, AHY membuat hattrick dengan mengunjungi kediaman tiga tokoh besar di momen Idulfitri kemarin.

Di hari pertama Idulfitri, AHY bersama adiknya yang merupakan Ketua Fraksi Demokrat di DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dengan ditemani istri dari keduanya, Annisa Pohan dan Aliya Rajasa, bersilaturahmi ke Presiden Jokowi di Istana Negara dan ke kediaman Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri.

Di hari kedua kemarin, dengan formasi yang sama dan juga bersama kedua anak mereka yakni Aliya Rajasa dan Gayatri Idalia Yudhoyono, AHY menyempatkan diri untuk berkunjung ke kediaman Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Berbagai pujian tentu diberikan untuk AHY yang giat sekali bersilahturahmi. Saat berkunjung ke kediaman Gus Dur, putri kedua Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid memberikan pujian untuk AHY.

Yenny menganggap tindakan AHY sebagai sebuah tindakan yang didasari oleh akhlak baik AHY yang dapat dijadikan teladan apalagi tetap berkeinginan menjalin silaturahmi meski sedang dalam masa berduka.

“…..Walaupun masih dalam suasana berduka, para pemimpin muda ini tetap menyempatkan diri untuk sowan dan bersilaturahmi lebaran ke tokoh-tokoh yang dituakan. Semoga kita semua dapat mencontoh akhlak yang baik ini,” tulis Yeni Wahid dalam Instagramnya.

Sehari sebelumnya, kunjungan AHY ke Jokowi dan Megawati juga menyedot perhatian. Foto wefie keluarga AHY dengan keluarga Megawati tentu bicara banyak hal, ada kegembiraan di sana, meski tidak serta merta dapat diartikan sebagai kegembiraan politik.

Ketua DPP PDIP, Hendrawan Supratikno ikut menyanjung silahturahmi yang dilakukan oleh AHY ini. Hendrawan berpendapat yang dilakukan AHY lebih dari sebuah silahturahmi politik.

“Ini momen Idul Fitri, saling silaturahim, saling bermaaf-maafan. Jadi yang dibangun arsitektur jiwa, modal spiritualitas, bukan momen kalkulasi politik,” ujar Hendrawan, Rabu (5/6/2019).

Senada dengan Hendrawan, Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai apa yang dilakukan oleh AHY adalah sesuatu yang terpuji, apalagi sebagai orang yang lebih muda, AHY tidak mementingkan gengsi pribadi dengan memberi panutan untuk datang ke pihak yang lebih tua di momen lebaran.

“Jadi karena lebaran nggak ada lagi pikiran soal gengsi. Coba kalau nggak lebaran, pasti akan gengsi bertandang ke rumah A, si B. Kalau lebaran yang muda datang ke yang lebih tua, itu wajar,” ucap Bambang.

Gaya Flamboyan itu dapat diartikan sebagai seseorang atau tingkah laku seseorang yang cenderung menarik perhatian, sangat percaya diri dan sangat mudah dikenali.

Meskipun beberapa pihak tidak mau mengaitkan ini dengan kepentingan politik, mau tidak mau sebagai politikus, safari lebaran AHY ini harus dikaitkan dengan hal tersebut.

Perjalanan politik dan atribut AHY sebagai ketua Kogasma Demokrat yang bertugas memenangkan Prabowo-Sandiaga dalam kontestasi Pilpres kemarin belum sepenuh ditanggalkan. Perjuangan kubu 02 pun dianggap belum selesai karena masih dilanjutkan di ranah Mahkamah Konstitusi (MK). Masih ada kebekuan yang terjadi di antara kedua kubu yang berkompetisi.

Disinilah AHY hadir, membuka ruang, memberikan kesejukan dan keteduhan di mata masyarakat bahwa politik Indonesia itu cair dan penuh kekeluargaan.

Harus diakui bahwa AHY pandai untuk memanfaatkan momen. Saat diundang Jokowi ke Istana, AHY tak ragu untuk memenuhi undangan tersebut, saat pertemuan para pemimpin muda Indonesia di Bogor, AHY hadir, dan saat momen Idul Fitri AHY menjadi bintangnya. AHY menjadi pencair suasana politik yang masih mengeras hingga saat ini.

AHY dengan percaya diri berjalan kesana-kemari, menarik perhatian, memberikan panutan dan teladan akhlak yang baik dan sekaligus meredam ketegangan politik. Flamboyan.

Penulis : arnoldadoe@gmail.com

Sumber Berita : Kompasiana

Terima kasih karena anda telah membaca berita terbarudan menarik terkait #MerajutPersatuan Mencermati Gaya Silahturahmi “LEBARAN” Flamboyan ala AHY, silahkan bagikan informasi ini kepada rekan-rekan anda.